SEJARAH

SEJARAH

Universitas Multimedia Nusantara yang didirikan oleh Kompas Gramedia. Pada 20 November 2006 keberadaan UMN diumumkan (resmi) di Hotel Santika oleh Dr. Ir Dodi Nandika, Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan Nasional.

0
0

Kuliah perdana angkatan pertama dilaksanakan pada 3 September 2007, dengan mengangkat tema “Pengembangan Sumber Daya Manusia Menyongsong Era ICT.” Guna menyukseskan kuliah perdana, UMN mendatangkan dosen tamu seperti Prof. Dr. Ir. Mohamad Nuh (Menteri Komunikasi dan Informasi), Dr(Hc) Jakob Oetama (Pendiri Kompas Gramedia), Roy Suryo (Pakar telematika), Dra. Puspita Zorawar, M.PsiT (Pakar Komunikasi dan Psikologi).

Di tahun 2009, Progam Studi Sistem Informasi menambah peminatan baru dengan nama Oracle Database System yang mendalami perancangan database, maintenance, performance tuning dan security basis data. Bekerjasama dengan Oracle Academy, mahasiswa secara lengkap mendapatkan bekal untuk menjadi seorang database administrator atau database developer yang handal.

0
0

Progam Studi Sistem Informasi memulai angkatan pertama peminatan baru yang memiliki nama (IT Governance, IS Audit), mahasiswa mempelajari standar tata kelola IT dengan Standar COBIT versi 5, yang mencakup dua aspek besar yaitu manajemen dan tata kelola IT. Standar ini menjadi semakin penting dengan semakin banyak nya perusahaan yang memiliki Sistem IT, dan regulasi yang mengatur Audit terhadap Tata Kelola IT perusahaan juga semakin banyak, baik di Indonesia maupun secara global.

Di tahun 2017, Progam Studi Sistem Informasi menambah peminatan baru lagi dengan nama Business Intelligence yang mencakup Data Science dan Performance Management, dimana mahasiswa tidak hanya sebatas mengolah dan memvisualisasikan data, namun juga merancang sistem pintar yang dapat memberikan peringatan (alert) dan prediksi (forecasting) berdasarkan pola data sebelum nya secara otomatis dan real time.

0
0

Pada Tahun ini Progam Studi Sistem Infromasi menetapkan kurikulum baru dan menetapkan nama baru untuk setiap peminatan yang ada menjadi: Big Data Specialist, Database System Specialist, IT Governance Specialist, ERP Specialist. Selain itu juga ada penambahan fasilitas lab Big Data.