“Come on guys!  Healthy Food! Hokya hokya! Enak tau..! ”
Itulah yel-yel  kelompok kami ketika mendemokan tugas akhir dari Java Fundamental Training.  Kami membuat sebuah game android bernama Healthy Food yang kami upload di Play Store. Kami menggunakan tool Greenfoot untuk membuat game ini.

Healty Food 2

Tugas merupakan tahap akhir dari training yang kami ikuti selama 5 hari dari tanggal 26 sampai 30 Januari 2015. Selain tugas akhir juga ada ujian online yang harus kami selesaikan. Training yang berjudul Java Fundamental ini diadakan oleh Oracle Academy dan mengambil tempat di ESQ Business Scholl Menara 165 Simatupang. Dalam training diperkenal dua tool untuk mengenalkan bahasa pemrograman yaitu Alice dan Greenfoot. Training ini diikuti oleh 25 peserta dari berbagai universitas dan sekolah tinggi di Jabodetabek.

Traning Java

Instruktur kami adalah seorang dosen Sistem Informasi di ITS, Bapak Hatma Suryotrisongko. Dulu dia juga merupakan peserta training seperti kami, sampai akhirnya dia mendapatkan sertifikat Oracle Certified Associate (OCA) sebagai programmer Java.

Di hari pertama beliau sharing mengenai pengajaran algoritma di Sistem Informasi ITS. Di sana mahasiswa mendapatkan kuliah Algoritma 1 dan Algoritma 2.  Setiap kali kuliah suasananya tidak menyenangkan, tidak ada senyum di muka mahasiswa. Namun hal tersebut tidak lagi terjadi setelah Bapak Hatma menggunakan tools Greenfoot. Dengan tool ini logika-logika pemrograman dasar bisa dipahami dengan lebih jelas dan menyenangkan, tentunya menjadi tidak menakutkan lagi bagi mahasiswa. Mahasiswa tertantang untuk membuat game yang lebih bagus dan lebih kreatif daripada yang dibuat dosennya.

“Ah coding biking pusing…..” , “Coding bikin mata minus..”, “Males ah belajar coding, dapat D aja dah cukup”, mungkin itulah beberapa pendapat teman-teman mahasiswa yang baru belajar suatu bahasa pemrograman. Terkadang permasalahannya hanya di mindset yang tertanam bahwa coding itu tidak menyenangkan sehingga ketika memulainya semangat sudah tidak ada. Sebenernya banyak juga tool lain yang bisa kita explore, salah satunya adalah permainan angry bird yang pernah dikenalkan Pak Johan. Nah tinggal semangat kita saja untuk belajar.

Akhirnya lima hari training pun terlewati dengan baik semua anggota kelompok kami dinyatakan lulus. Pelajaran yang saya dapatkan dari training ini adalah matakuliah pemrograman bisa disampaikan dengan lebih menyenangkan dan menantang. Happy Coding :).

Training Java Fundamental

 

Tags: , ,