Pra-sidang Jan 2015Hari ini 19 mahasiswa SI angkatan 2009, 2010 dan 2011 mengikuti pra-sidang Skripsi di Ruang Rapat Rektorat Lantai 6, Fakultas ICT. Pra-sidang ini adalah yang ketiga dan terakhir sebelum mereka menghadapi sidang skripsi sebenarnya di Februari bulan depan. Sebagian mahasiswa sebenarnya sudah ada yang mensubmit bahkan sudah selesai sidang skripsi sebelum liburan akhir tahun, hal ini membuat ke-19 mahasiswa ini menjadi perhatian khusus para dosen.

Beberapa yang menjadi perhatian para dosen, seperti yang Pak Raymond katakan adalah kebanyakan mahasiswa berfokus kepada output (hasil), dan kurang dalam membahas input, padahal tanpa input yang benar, maka dipastikan output nya juga akan tidak sesuai. Pak Sigit dan Pak Johan menyoroti mahasiswa yang membuat aplikasi, masih amat kurang mengupas analisis dan perancangan nya, termasuk dokumentasi dan desain database nya, padahal itu adalah core dari Sistem Informasi. Sementara Ibu Marcelli dan pak Eko banyak menyoroti penulisan dan metodologi penelitian yang dipakai mahasiswa.

Hal lain adalah daftar pustaka, Ibu Friska berkali-kali mengingatkan daftar pustaka yang benar, baik dari sumber dan pengutipan nya. Sementara saya sendiri sebagai fans presentasi Steve Jobs, melihat mahasiswa cenderung membuat slide presentasi bermain aman (meng-copy paste semua tulisan ke slide), dan amat kurang menguasai audiens (eye contact tidak ada, bahasa tubuh kaku), sebaik nya memang mahasiswa berlatih dahulu sebelum presentasi, fitur Smart Art di Power Point juga bisa membantu mengurangi teks dan membuat tampilan slide lebih visual.

Salut kepada segenap dosen, yang bersedia meluangkan waktu, pikiran dan tenaga nya sehari penuh untuk memberikan masukan-masukan berharga bagi mahasiswa sebelum mereka men-submit skripsi nya. Pra-sidang ini juga menjadi masukan bagi para dosen pembimbing, agar bisa mendapatkan insight dari rekan-rekan dosen lain nya.

Salut juga untuk para mahasiswa yang bersemangat walau harus cukup lama menunggu giliran, karena lama pra-sidang molor, melebihi prediksi, ini mungkin karena sebagai kesempatan terakhir untuk memberi masukan kepada mahasiswa-mahasiswa tercinta, sehingga para dosen lebih teliti. Upaya ini memang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dari pengerjaan skripsi mahasiswa SI.

Untuk mahasiswa, sukses untuk sidang akhir nya nanti ya..

 

Tags: ,